Thursday, May 8, 2014

Resensi Buku “Stilistika: Teori, Metode, Dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa” Karya Ali Imron Al-Ma’ruf



Buku Stilistika ini merupakan sebuah pengantar teori pengkajian estetika bahasa karya sastra. Stilistika merupakan cabang Linguistik terapan yang memfokuskan studinya pada estetika bahasa dengan segala keunikan dan kekhasannya dalam berbagai karya, baik karya satra, iklan, maupun wacana lainnya.
Sebagai sebuah cabang keilmuan, Stilistika tergolong relatif baru dan kini banyak sekali komunitas linguistik dan sastra yang berminat mendalaminya.

Pembahasan tentang style’gaya bahasa dalam stilistika pada buku ini dijelaskan sangat jelas dan terperinci, misalnya dalam pembahasan style’ gaya bahasa terdapat pengertian dari beberapa tokoh antara lain menurut Abraham (gaya bahasa adalah cara pemakaian bahasa dalam karangan atau bagaimana seorang pengarang mengungkapkan sesuatu yang ingin liungkapkan ), Ratna ( gaya bahasa adalah keseluruhan cara pemakaian (bahasa) oleh pengarang dalam karyanya ), dan menurut Leech dan Short (gaya bahasa adalah cara pemakaian bahasa dalam konteks tertentu, oleh pengarang tertentu, dan untuk tujuan tertentu. 
Fungsi gaya bahasa dalam karya sastra antara lain:
  1. Meninggikan selera 
  2. Mempengaruhi atau meyakinkan pembaca
  3. Menciptakan keadaan perasaan hati
  4. Memperkuat efek terhadap gagasan. (Sudjiman, 1955: V-VI)

Stilistika berkedudukan sebagai teori dan pendekatan penelitian karya sastra yang berorientasi linguistik, Stilistika juga mempunyai tujuan yaitu :

  1. Untuk menghubungkan perhatian kritikus sastra dalam apresiasi estetik dengan perhatian linguis dalam deskripsi linguistik. 
  2. Untuk menelaah bagaimana unsur-unsur bahasa ditempatkan dalam menghasilkan pesan-pesan aktual lewat pola-pola yang digunakan dalam sebuah karya sastra.
  3. Untuk menghubungkan intuisi-intuisi tentang makna-makna dengan pola bahasa dalam teks.
  4. Untuk menuntun permahaman yang lebih baik.
  5. Untuk menemukan prinsip-prinsip artistik yang mendasari pemilihan bahasa seorang pengarang.
  6. Akan menemukan kiat pengarang dalam memanfaatkan bahasa sebagai sarana pengungkapan makna dan efek estetik bahasa. (Sudjiman, 1955:v-vi)

Menurut Junus (dalam Ali Imron, 2009: 19) menyatakan bahwa bidang kajian stilistika dapat meliputi bunyi bahasa, kata, dan struktur kalimat. Sedangkan Sudjiman (dalam Ali Imron, 2009: 19-20) mengartikan style sebagai gaya bahasa dan gaya bahasa itu sendiri mencakup diksi, struktur kalimat, majas, citraan, pola rima serta mantra yang digunakan seorang pengarang yang terdapat dalam sebuah karya sastra.

Kajian stilistika sendiri meliputi stilistika genetis dan stilistika deskriptif. Stilistika genetis adalah pengkajian stilistika individual sastrawan berupa penguraian ciri-ciri gaya bahasa yang terdapat dalam salah satu karya sastranya atau keseluruhan karya sastranya, baik prosa maupun puisi. Sedangkan stilistika deskriptif adalah pengkajian gaya bahasa sekelompok sastrawan atau sebuah angkatan sastra, baik ciri-ciri gaya bahasa prosa maupun puisi.

Sisi lain yang menarik dari buku ini adalah adanya pembahasan mengenai penelitian stilistika puisi dan penelitian stilistika fiksi. Seperti yang kita tahu bahwa stilistika adalah proses menganalisis karya sastra dengan mengkaji unsur-unsur bahasa sebagai medium karya sastra yang digunakan sastrawan sehingga terlihat bagaimana perlakuan sastrawan terhadap bahasa dalam rangka menuangkan gagasanya.

Apabila pembaca ingin mengetahui lebih jelas tentang seluk beluk stilistika maka silahkan beli bukunya dan nikmati manfaat mempelajari buku ini. Yang terpenting dari buku ini adalah mengupas pembahasan penting tentang stilistika, antara lain : Style’ Gaya Bahasa’ dan Stilistika, Fungsi Style ‘ Gaya Bahasa’ dan Tujuan Stilistika, Bidang Kajian dan Jenis Kajian Stilistika, Stilstika, Estetika, Retorika, dan Ideologi, Style ‘ Gaya Bahasa, Ekspresi Pengarang, dan Gagasan, Kajian Linguistik dan Karya Satra, Stilistika dan Semantik dalam Kajian Stilistika, Kajian Stilistika dalam Karya Sastra, Teori Semiotik, Interleks, Resepsi Sastra, dan Hermeneutik dalam Pengkajian Stilistika, Tahapan dalam Pengkajian Stilistika Karya Sastra, Gaya Bahasa dan Sarana Retorika dalam Karya Sastra, dan Lampiran mengenai Penelitian Stilistika Puisi dan Fiksi.

Kekurangan pada buku ini yaitu tidak disertai dengan editing yang baik, sehingga mengganggu pembaca dalam memahami materi. Terdapat tulisan yang salah ketik.
Bab pada buku Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa sebagai berikut:


 

7 comments:

  1. bukunya susah didapat...jadi sedih

    ReplyDelete
  2. https://www.nipamedia.zone.id

    GRATISSS

    ReplyDelete
  3. ingin mendapatkan buku ini . gimana caranya

    ReplyDelete
  4. Beli bukunya di mana?
    Mohon bantu nyarik dong

    ReplyDelete
  5. nyariin buku ini enggak nemu terus. di toko buku offline/online udah enggak ada. boleh beli sama mba atau mas yang ngeresensi enggak sih?

    ReplyDelete
  6. Bukunya sudah pada habis dimana2

    ReplyDelete