Thursday, May 8, 2014

Skripsi: Perilaku Sosial Tokoh Utama dalam Prosa Lirik Pengakuan Pariyem Karya Linus Suryadi Ag.


Nugroho, Andhi. 2007. Perilaku Sosial Tokoh Utama dalam Prosa Lirik Pengakuan Pariyem Karya Linus Suryadi Agustinus. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I Drs. Mukh. Doyin, M.Si. II Drs. Agus Nuryatin, M.Hum.

ABSTRAK

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini mencakup (1) Bagaimana penokohan tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi Agustinus? (2) Bagaimana perilaku sosial tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem dalam konteks budaya Jawa? dan (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku sosial tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem? Adapun tujuan penelitian ini adalah mengemukakan penokohan dan perilaku sosial tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi Agustinus, beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Sasaran penelitian ini adalah perilaku sosial tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi penokohan tokoh utama yang ada dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem karya Linus Suryadi Ag. Sesuai dengan metode analisis deskripsi, unsur yang dianalisis ditekankan pada penokohan untuk mengetahui watak tokoh utama yang kemudian dikaji dengan menggunakan pendekatan psikologi sosial.

Hasil penelitian ini memperlihatkan tokoh dan penokohan tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem, perilaku sosial Pariyem dalam konteks budaya Jawa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial tokoh utama dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem.

Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan kepada para pembaca prosa lirik Pengakuan Pariyem adalah agar dapat melakukan penelitian dengan bidang kajian yang lain, misalnya dengan menggunakan teori struktural genetik. Perilaku tokoh yang diceritakan Linus dalam prosa lirik Pengakuan Pariyem sesuai dengan perilakunya yang bangga terhadap budaya Jawa. Sikapnya yang lugu ditampilkannya dalam prosa lirik ini, lewat tokoh Pariyem. Pariyem, gadis Jawa yang rela menerima pekerjaannya sebagai pembantu, begitu pasrah dalam memandang hidup, namun di dalam jiwanya menyimpan penuh segala kebijaksanaan hidup.

Kata Kunci: Prosa lirik, psikologi, perilaku sosial




Download skripsi lengkap
Perilaku Sosial Tokoh Utama dalam Prosa Lirik Pengakuan Pariyem Karya Linus Suryadi Ag.

0 komentar:

Post a Comment