Tuesday, July 14, 2015

Resume Buku "Stilistika" Sudiro Satoto



Identitas Buku
  1. Judul Buku : Stilistika 
  2. Penulis : Soediro Satoto
  3. Penerbit : STSI Press
  4. Tahun Terbit : 1995
  5. Kota Terbit : Surakarta

Bahasa merupakan media utama yang membedakan seni sastra dengan cabang-cabang seni yang lainnya, bahasa merupakan alat komunikasi . Fungsi bahasa adalah untuk memberikan acuan pada pengalaman-pengalaman pemakainya. Pada prinsipnya, seni sastra dapat dipandang dari dua segi kemungkinan:
  1. Seni sastra dipandang sebagai bagian dari seni pada umumnya. Pendekatan yang dipakai femonologi atau ganzheit.
  2. Pada umumnya seni sastra dipandang sebagai bagian dari ilmu bahasa. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode structural, atau struktural dinamik, yang lebih dikenal dengan istilah semiotika.

Stilistika merupakan bidang linguistik yang mengemukakan teori dan metodologi pengkajian atau enganalisisan formal sebuah teks sastra, termasuk dalam pengertian extended.

Estetika berasal dari kata Yunani ‘aesthesis’, berarti perasaan atau sensitivitas. Sekarang, estetika diartikan segala pemikiran filosofis tentang seni. Sehingga estetika juga disebut filsafat seni atau filsafat pendidikan. Estetika, etika, dan logika membentuk trilogi ilmu-ilmu normatif dalam filsafat. .

Teks sastra dipandang sebagai alat estetika. Masalah-masalah di luar teks sastra (ekstrinsik) banyak diperhitungkan sebagai tolok ukur apakah sastra itu baik dan indah. Fungsi sastra di sini lebih ditekankan dari segi kegunaan dan kemanfaatannya-fungsi ‘utile’.

Sebagai bahan baku, bahasa dalam sastra merupakan objek kajian, yang memiliki nilai terminal.. Masalah-masalah yang berada dalam teks (intrinsik) itulah yang menjadi objek utama dalam pengkajiannya. Fungsi sastra di sini lebih ditekankan dari segi kenikmatannya-fungsi ‘dulce’.

Buku Stilistika karya Soediro Satoto ini menyajikan pembahasan:
  1. Pendahuluan
  2. Retorika
  3. Logika dan Bahasa
  4. Hubungan Kajian Bahasa dan Sastra; Aplikasinya Terhadap Prosa, Puisi dan Drama
  5. Gaya Bahasa 


--------------------------------------------------------
Download Resume Buku Stilistika karya Sudiro Satoto

No comments:

Post a Comment