Thursday, May 8, 2014

Resume Buku Linguistik Umum Karya Abdul Chaer



Kata linguistik berasal dari bahasa latin lingua yang berarti ’bahasa’. Linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Dalam bahasa Perancis ada tiga istilah untuk menyebut bahasa yaitu:
Langue : suatu bahasa tertentu.
Langage : bahasa secara umum.
Parole : bahasa dalam wujud yang nyata yaitu berupa ujaran.

Ilmu linguistik sering juga disebut linguistik umum (general linguistics). Artinya, ilmu linguistik tidak hanya mengkaji sebuah bahasa saja, melainkan mengkaji seluk beluk bahasa pada umumnya, yang dalam peristilahan Perancis disebut langage. Pakar linguistik disebut linguis. Bapak Linguistik modern adalah Ferdinand de Saussure (1857-1913). Bukunya tentang bahasa berjudul Course de Linguistique Generale yang diterbitkan pertama kali tahun 1916.

Dalam dunia keilmuan, tidak hanya linguistik saja yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Ilmu atau disiplin lain yang juga mengkaji bahasa diantaranya: ilmu susastra, ilmu sosial (sosiologi), psikologi, dan fisika. Yang membedakan linguistik dengan ilmu-ilmu tersebut adalah pendekatan terhadap objek kajiannya yaitu bahasa. Ilmu susastra mendekati bahasa sebagai wadah seni.


Ilmu sosial mendekati dan memandang bahasa sebagai alat interaksi sosial di dalam masyarakat. Psikologi mendekati dan memandang bahasa sebagai pelahiran kejiwaan. Fisika mendekati dan memandang bahasa sebagai fenomena alam. Sedangkan linguistik mendekati dan memandang bahasa sebagai bahasa atau wujud bahasa itu sendiri.

Buku Linguistik Umum karya Abdul Chaer ini membahas lengkap seluk beluk Linguistik. Buku ini terdiri atas beberapa bab berikut ini.

Bab V. Sintaksis (Kata, Frase, Klausa, Kalimat, dan Wacana)


Download Resume Buku Linguistik Umum Karya Abdul Chaer

8 comments:

  1. kalau boleh request, mohon diperbarui link downloadnya. soalnya sudah tidak bisa di download. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Link download sudah diperbarui. Silakan download.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bentuknya begitu ya bukan buku, butuh bukunya jadi ada hal.dan info lengkapny,,

      Delete
    2. Tolong perbarui lagi, format pdf tidak valid. Terima kasih.

      Delete
  3. Katanya dapat samsung,suruh ke toko pedia,udah instal,ehh ilang

    ReplyDelete