Monday, July 25, 2016

Skripsi: Struktur Fonotaktik Kosakata Slang Pada Komunitas Mantan Pengguna Narkoba Di Rumah Sakit Grhasia Sleman


Judul Skripsi: Struktur Fonotaktik Kosakata Slang Pada Komunitas Mantan Pengguna Narkoba Di Rumah Sakit Grhasia Sleman
Penulis: Natalia Veni Handayani

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta
2013


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur fonotaktik silabel dan struktur fonotaktik kata kosakata bahasa slang pada mantan pengguna narkoba di Rumah Sakit Grhasia Sleman.

Subjek penelitian ini meliputi kosakata atau istilah bahasa slang verbal yang dipergunakan mantan pengguna narkoba di Rumah Sakit Grhasia. Objek penelitian ini adalah fonotaktik silabel dan fonotaktik kata kosakata atau istilah bahasa slang yang dipergunakan mantan pengguna narkoba di Rumah Sakit Grhasia dalam berkomunikasi. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik SLC (simak libat cakap) dan teknik SBLC (simak bebas libat cakap). Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agih. Alat penentu dalam rangka kerja metode agih berupa bagian atau unsur dari bahasa slang pengguna narkoba di Rumah Sakit Grhasia Sleman. Teknik analisis data yang digunakan dalam metode agih ini adalah mendeskripsikan segala sesuatu yang ditemukan dalam subjek penelitian. Maksudnya peneliti memaparkan data bahasa slang pengguna narkoba yang ditemukan di lapangan dan menganalisinya sesuai dengan rumusan masalah penelitian. Keabsahan data diperoleh melalui diskusi dengan rekan sejawat.

Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu fonotaktik silabel kosakata bahasa slang pada mantan pengguna narkoba Rumah Sakit Grhasia Sleman ditemukan pola silabel yang berterima dalam bahasa Indonesia sebanyak tujuh pola. Pola tersebut, yaitu V, VK, KV, KVK, KVKK, KKV dan KKVK. Setiap silabel selalu diisi dengan vokal yang berperan sebagai nucleus, sedangkan onset dan koda tidak selalu ada dalam setiap silabel, seperti pada pola silabel VK tidak terdapat onset dan pada pola silabel KV tidak terdapat koda. Onset dan koda dalam kosakata bahasa slang ini maksimum terdiri dari dua konsonan, di antaranya ialah ks, ps, rt, bl, dr, pl, tw, sr, fl, gl, kr, pr, py dan tr. Fonotaktik kata dalam bahasa slang mantan pengguna narkoba Rumah Sakit Ghrasia Sleman ditemukan sebanyak tiga pola, yaitu sanding vokal dengan vokal, sanding vokal dengan konsonan, dan sanding konsonan dengan konsonan dan tidak ditemukan pola sanding konsonan dengan vokal. Sanding vokal dengan vokal yang ditemukan yaitu /-ai-, -au-, -ea-, -eɛ-, -əa-, -oa- dan –ia/. Sanding vokal dengan konsonan biasanya ditemukan di awal dan di tengah kata, misalnya kata afo fonotaktik katanya menjadi /(a-f)o/ atau beler menjadi /b(e-l)er/. Sanding konsonan dengan vokal selalu terdapat di tengah kata, seperti /bo(ɳ-k)i/.



DOWNLOAD SKRIPSI
Struktur Fonotaktik Kosakata Slang Pada Komunitas Mantan Pengguna Narkoba Di Rumah Sakit Grhasia Sleman



No comments:

Post a Comment