Monday, July 25, 2016

Skripsi: Penggunaan Bahasa Slang Dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon (Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik)



Judul Skripsi: Penggunaan Bahasa Slang Dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon (Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik)
Penulis: Harudin Setyawan

Jurusan Sastra Daerah
Fakultas Sastra dan Seni Rupa
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2009


Abstrak

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik penggunaan bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon?, 2) Apa fungsi sosial penggunaan bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon?, 3) Bagaimana peristiwa kebahasaan yang menyertai penggunaan bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, fungsi sosial, dan peristiwa kebahasaan yang menyertai penggunaan bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya berasal dari informasi yang terpilih berupa tuturan yang mengandung bahasa slang dapikan. Data dalam penelitian ini berupa data lisan. Sampel dalam penelitian ini memilih di Kelurahan Sangkrah dan Kedunglumbu karena kedua lokasi ini banyak yang menggunakan bahasa dapikan. Oleh karena itu metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak dan catat dari beberapa wawancara yang peneliti lakukan.

Dalam analisis data, dilakukan pengklasifikasian dan pengidentifikasian data sesuai dengan permasalahannya, kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan juga pemahaman dengan pendekatan sosiolinguistik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa karakteristik bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon menggunakan dasar pijakan pada aksara Jawa yang dibalik. Perubahan dan pertukaran huruf itu tidak diberlakukan pada huruf vokal yang mengikuti huruf konsonan, dengan kata lain tidak terjadi perubahan bunyi vokal pada kata aslinya.

Fungsi sosial dari bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon adalah 1) untuk menunjukkan status sosial, 2) Untuk merahasiakan pembicaraan, 3) untuk menarik perhatian, 4) untuk memperlancar komunikasi, dan 5) untuk menurunkan ketegangan. Peristiwa kebahasaan yang menyertai dalam pertuturan dalam penelitian ini adalah tindak tutur, campur kode, dan jenis kalimat dalam bahasa slang dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon.



DOWNLOAD SKRIPSI
Penggunaan Bahasa Slang Dapikan di Kecamatan Pasar Kliwon (Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik)





No comments:

Post a Comment